Arsip‎ > ‎

Pengumuman

SISKA Telah Hadir, Dosen dan Mahasiswa Dihimbau Tidak Lagi Menggunakan SIAKAD Lama

posted Jun 6, 2018, 1:33 AM by PUSTIPAD IAIN MANADO   [ updated Jun 6, 2018, 1:34 AM ]

Disampaikan kepada dosen dan mahasiswa untuk tidak lagi mengimput data atau mencari informasi pada SIAKAD Lama di http://akademik.iain-manado.ac.id, setelah hadirnya SIAKAD Baru dengan nama SISKA di http://iainmanado.siakadcloud.com.

Tetapi untuk saat sekarang, bagi dosen yang ingin menggunakan SISKA, boleh menghubungi Pustipad untuk dibuatkan akun baru untuk digunakan di SISKA. Setelah memiliki akun user di SISKA, dosen dapat mengunduh file Manual atau Buku Panduan Penggunaan SISKA.

Namun perlu diketahui bahwa setelah lebaran nanti, Pustipad akan menyelenggarakan sesi sosialisasi khusus untuk dosen tentang SISKA.

Sementara itu bagi mahasiswa, mereka dapat dibuatkan akun untuk SISKA setelah semua dosen mendapatkan akun baru SISKA.

Sampai hari ini, setelah SISKA digunakan, Pustipad telah mensingkronkan semua data mahasiswa dan dosen dengan Forlap Dikti.

Dalam hal penggunaan, SISKA sekarang fokus pada Penerimaan Mahasiswa Baru.

Setelah itu, akan fokus pada aktivasi role dosen untuk mengimputan nilai mahasiswa, yang disusul dengan aktivasi role mahasiswa.

Pustipad mohon maaf apabila proses ini menimbulkan ketidaknyamanan.


Fitur SIAKAD Cloud IAIN Manado dalam Kontrak dengan PT. SEVIMA

posted May 14, 2018, 3:27 AM by PUSTIPAD IAIN MANADO

Pustipad - Setelah melewati proses diskusi panjang dengan berbagai pihak dalam IAIN Manado, akhirnya IAIN Manado memutuskan untuk menggunakan sistem SIAKAD Baru
menggantikan SIAKAD lama. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti rekomendasi Raker 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 8-10 Pebruari 2018. 

Penandatangan kontrak kerjasama antara IAIN Manado dan PT. SEVIMA telah terlakasana pada tanggal 7 Mei 2018.

Guna menyatukan harapan atau ekspektasi, Pustipad merasa perlu melakukan sosialisasi kepada Civitas Akademika IAIN Manado tentang fitur apa saja yang tercakup dalam kontrak ini. Ini perlu dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman di masa-masa mendatang.





Adapun daftar fitur yang tercakup dalam kontrak (Nomor : 013/SPK.SIACLD/SVM/V/2018) tersebut adalah sebagai berikut:

a. Modul Administrasi Akademik
1) Manajemen Unit Kerja
2) Manajemen Hak Akses, Role dan Pengguna Aplikasi
3) Manajemen dan Pengaturan Log (Aktivitas Pengguna)
4) Manajemen Aplikasi (Header, Logo, dll)
b. Modul SIM Akademik
1) Manajemen Data Mahasiswa
2) Manajemen Data Dosen
3) Manajemen Data Kurikulum & Prasyarat Mata kuliah
4) Manajemen Padanan Matakuliah
5) Manejemen Data Matakuliah
6) Manajemen Kurikulum Konsentrasi
7) Monitoring Ruang Kelas
8) Manajemen Kuliah Paket
9) Manajeme Mahasiswa Transfer
10) Evaluasi Mahasiswa
11) Manajemen Perkuliahan:
a) Kelas
b) Jadwal
c) Pengajaran
d) Absensi
e) Penilaian
f) Cetak Jurnal Perkuliahan
g) Cetak Kartu Ujian
h) Cetak Absensi Perkuliahaan
12) KRS &KHS Online
13) Manajemen Kegiatan Pendukung:
a) Proposal Skripsi
b) Skripsi
c) KKN
14) Forum & Konsultasi:
a) Forum Kelas (Upload Informasi Materi dan Tugas)
b) Kosultasi Bimbingan Antara Mahasiswa dan Dosen Wali
15) Manajemen Kuesioner
16) Manajemen Kelulusan (Yudisium dan Wisuda)
17) Cetak Transkrip dan Ijazah
18) Laporan Pendukung SIM Akademik antara lain:
a) Daftar Hadir
b) KHS (customize format)
c) KRS (customize format)
d) Daftar Yudisium
e) Mahasiswa Terancam DO
f) Transkrip Mahasiswa (customize format)
g) Mahasiswa Transfer
h) Daftar Cekal
i) Transkrip Sementara (customize format)
j) Ijazah (customize format)
k) Jadwal Kuliah
l) Presentase Kehadiran Mahasiswa
m) Status KRS mahasiswa
n) Isi Absensi Mahasiswa
o) Mahasiswa Mengulang
p) Pelaksanaan Perkuliahan
q) Jadwal Kuliah Mingguan
r) Mata Kuliah Mengulang
s) Laporan Kuesioner Dosen
t) Berita Acara Ujian
u) Kartu Ujian UTS/UAS (customize format)
v) SK Jadwal Mengajar Dosen
w) Dosen Pembimbing Akademik
x) Rekap Pembimbing Akademik
y) Rekap KRS
z) Rekap Kuesioner
c. Modul PDDIKTI Integrator (*Harus mempunyai aplikasi feeder online)
1) Upload Data Akademik ke PD-DIKTI Feeder
2) Import Data dari PD-DIKTI Feeder ke Modul Akademik
3) Manajemen Data Gagal Sinkronisasi
4) Pengaturan URL Web Service Feeder, Username dan Password Feeder
d. Modul SIM PMB
1) Pendaftaran Online
2) Manajemen Periode Pendaftaran
3) Manajemen Syarat dan Seleksi Pendaftaran
4) Manajemen Kelulusan Pendaftaran Otomatis
5) Generate NIM (Terintegrasi Dengan Modul Akademik)
6) Manajemen Data Pendaftar
7) Manajemen Penerima UKT (Uang Kuliah Tunggal)
8) Manajemen Jadwal Seleksi
9) Manajemen Pendaftaran Penerima Bidikmisi
10) Cetak Kartu Ujian (Pendaftar)
11) Informasi Kelulusan (Pendaftar) menyesuaikan setting SMTP Perguruan Tinggi
12) Laporan-Laporan Pendukung Modul PMB
a) Biodata Pendaftar
b) Uang Kuliah Tunggal
c) Bidikmisi
d) Pendaftar per Tahap
e) Hasil/Nilai Seleksi
f) Jadwal Seleksi
g) Daftar Hadir Seleksi
h) Kartu Ujian Pendaftar (customize format)
i) Presensi Ruang Ujian Pendaftar
j) Daftar Ulang
k) Rekomendasi Prodi
l) Prodi Pilihan Pendaftar
m) Kuota UKT
e. Modul Keuangan Akademik
1) Pengaturan Tarif dan Tagihan
a) Perkuliahan
b) Formulir
c) Beasiswa
d) Potongan
e) Perkuliahan
2) Pengaturan Integrasi Tagihan Sesuai dengan Aturan Akademik
3) Manajemen Data Tagihan, Pembayaran, Beasiswa dan Potongan
4) Pengaturan Tarif dan Kelompok UKT (Uang Kuliah Tunggal)
5) Manajemen Pembayaran melalui Kasir Perguruan Tinggi
6) Pembayaran Melalui Channel SevimaPay *akan diatur pada dokumen kontrak yang berbeda
7) Laporan Pendukung Modul Keuangan antara lain:
a) Tagihan
b) Rekap Tagihan
c) Pembayaran
d) Rekap Pembayaran
e) Penerima UKT
f) Tarif UKT
g) Tarif
h) Deposit
i) Rekap Deposit
j) Penerima Potongan
k) Penerima Beasiswa
f. Modul Helpdesk
1) Manajemen Tiket
2) Disposisi Tugas
3) FAQ
4) Online User Guide
g. Android Support (Dosen, Orang Tua dan Mahasiswa)
1) Biodata Dosen dan Mahasiswa
2) Jadwal Perkuliahan & Ujian (Dosen dan Mahasiswa)
3) Kalender Akademik (Dosen & Mahasiswa)
4) KHS Mahasiswa
5) Forum Kelas (Dosen dan Mahasiswa)
6) Konsultasi Perkuliahan (Dosen dan Mahasiswa)
7) Statistik Kemajuan Belajar Mahasiswa
8) Pengumuman/Berita
9) Riwayat Keuangan Mahasiswa
10) Transkrip Mahasiswa
11) Kartu Rencana Studi Mahasiswa
12) Pembimbing Akademik (Dosen)
13) Pembimbing Skripsi (Dosen)
h. Modul Career Center
1) Manajemen Alumni
2) Manajemen Lowongan Kerja
3) Forum Alumni
4) Manajemen Berita dan Informasi
5) Kuesioner Alumni
i. Modul Dashboard dan Pelaporan

PUSTIPAD, bukan TIPD lagi

posted Jan 29, 2018, 7:16 PM by PUSTIPAD IAIN MANADO   [ updated Jan 29, 2018, 7:16 PM ]

Pustipad IAIN Manado -  Mulai hari ini (30/1/2018) laman website Pusat Informasi dan Pangkalan Data (Pustipad) beralih menjadi www.pustipad.iain-manado.ac.id

Hal ini dilakukan untuk memudahkan penyebutan Unit lembaga ini sehingga mudah diingat.

Terima kasih atas kerjasamanya. 

Dosen dan Pegawai: De-aktivasi/Penutupan User ID Lama Akses Internet Segera, 1 Pebruari 2018

posted Jan 26, 2018, 7:57 PM by Sulaiman Mappiasse   [ updated Jan 26, 2018, 8:00 PM ]

Pustipad IAIN Manado - Sebagaimana telah disampaikan sebelumnya (http://tipd.iain-manado.ac.id/arsip-1/agenda/tanggalpentingterkaitdenganpenertibanaksesitiainmanado) bahwa untuk menertibkan akses fasilitas Internet IAIN Manado, Pustipad akan mengalihkan semua User ID ke User ID baru yang berbasis Email IAIN Manado.

Mulai tanggal 1 Pebruari 2018, semua User ID Lama Pegawai dan Dosen akan ditutup.

Sehari sebelum penutupan, User ID baru yang berbasis email IAIN Manado akan dikirim ke semua alamat email IAIN Manado milik Pegawai dan Dosen.

Bagi yang belum memiliki email IAIN Manado aktif, silahkan mengajukan permintaan ke Pustipad dengan mengisi formulir online pada halaman ini https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSe-4O9SyrdOuS5vpoJvIpjlnuQD1zvqvu5oabBUV9rGnAUWzw/viewform

CATATAN: Saat Anda meminta akun email IAIN Manado menggunakan formulir tersebut, mohon isi dengan email pribadi yang aktif pada pertanyaan "Email Address". Sehingga kami dapat mengirimkan informasi/link aktivasi email IAIN baru Anda ke alamat email pribadi tersebut.

SANGAT PENTING: Mahasiswa IAIN Manado Angkatan 2009 s/d 2016

posted Jan 19, 2018, 9:10 PM by PUSTIPAD IAIN MANADO   [ updated Jan 21, 2018, 9:52 PM ]

PUSTIPAD IAIN MANADO - Disampaikan kepada seluruh mahasiswa angkatan 2009 sampai 2016, baik yang sudah berstatus LULUS maupun masih AKTIF, agar dapat mengecek datanya di http://forlap.dikti.go.id

Jika terdapat kesalahan biodata seperti NAMA, NIM, JENIS KELAMIN, TEMPAT DAN TANGGAL LAHIR, diharapkan segera menghubungi Operator PDDIKTI IAIN Manado atau kirim pesan ke email PDDIKTI IAIN Manado sebagai berikut pustipad@iain-manado.ac.id

Karena pentingnya, harap semua mahasiswa yang dimaksudkan untuk segera melakukan pengecekan.

Petunjuk langkah-langkah perbaikan data secara online dapat dilihat di SINI.

Penertiban Email IAIN Manado (21/12/17-31/1/18)

posted Dec 21, 2017, 1:42 AM by PUSTIPAD IAIN MANADO   [ updated Dec 21, 2017, 1:44 AM ]

PTIPD IAIN MANADO - Disampaikan kepada seluruh dosen, pegawai dan mahasiswa IAIN Manado bahwa mulai tanggal 21/12/2017, PTIPD melakukan penertiban email IAIN Manado dengan mekanisme sebagai berikut:

 - Setiap akun email yang tidak pernah digunakan atau login dalam 3 bulan terakhir secara berturut-turut akan disuspend/dibekukan. Email yang dibekukan hanya bisa diaktivikasi kembali dengan mengisi formulir aktivasi pada link ini https://goo.gl/forms/BrGhFZiK3tFFar692 

 - Setiap akun email yang tidak digunakan atau login dalam 12 bulan terakhir secara berturut-turut akan dihapus sehingga semua data yang ada dalam server Google atas nama email tersebut akan hilang. Untuk memiliki email IAIN Manado kembali, Anda wajib mengajurkan permintaan lewat formulir berikut https://goo.gl/forms/BrGhFZiK3tFFar692 

 - Setiap pengguna yang tidak ingin/butuh lagi menggunakan email IAIN Manado dan memiliki data dalam akun tersebut bertanggungjawab untuk menyelematkan datanya sendiri. 

Pihak PTIPD tidak bertanggungjawab atas kerusakan/kehilangan data Anda apabila akun Anda dihapus karena tidak aktif lagi secara berturut-turut selama 12 bulan atau 6 bulan setelah Anda tidak lagi aktif sebagai dosen, pegawai atau mahasiswa IAIN Manado.

Pelayanan Email IAIN Manado Satu Pintu

posted Dec 21, 2017, 1:01 AM by PUSTIPAD IAIN MANADO

PTIPD IAIN MANADO - Disampaikan kepada seluruh dosen, pegawai, dan mahasiswa IAIN Manado bahwa mulai sekarang tanggal 21/12/2017, pelayanan email IAIN Manado (pembuatan, re-aktivasi, atau resetting) hanya dapat dilakukan melalui pintu ini https://goo.gl/forms/sopBr3FdX8PbTxql1

Dihimbau kepada para administrator, termasuk para dosen yang menggunakan Google Classroom, Pengguna Email IAIN Manado untuk tidak melayani pembuatan, re-aktivasi, atau pun resetting Email IAIN Manado kecuali pemohon sudah mengisi formulir ini https://goo.gl/forms/sopBr3FdX8PbTxql1 secara online.

Himbauan Registrasi Email IAIN Manado untuk Mendukung Penertiban Akses IT

posted Dec 19, 2017, 4:49 AM by PUSTIPAD IAIN MANADO   [ updated Dec 19, 2017, 5:44 AM by Sulaiman Mappiasse ]

PTIPD IAIN MANADO - Guna menopang program PTIPD untuk menertibkan akses pada fasilitas IT IAIN Manado secara efisien, efektif dan bertanggungjawab, maka melalui laman situs PTIPD IAIN Manado disampaikan bahwa akses fasilitas IT seperti WIFI dan komputer IAIN Manado akan berbasis email IAIN Manado.

Karena itu, dihimbau kepada seluruh sivitas akademika IAIN Manado yang belum memiliki akun email IAIN Manado untuk segera menghubungi langsung manejemen PTIPD untuk dibuatkan email IAIN Manado atau dengan cara mengisi formulir ini secara online menggunakan link berikut: https://goo.gl/forms/nwAETs8Y0ZzEfnpi2

Setelah kebijakan baru ini diterapkan dalam waktu dekat, yakni awal tahun 2018, maka penggunaan fasilitas IT IAIN Manado hanya dapat dilakukan dengan menggunakan email IAIN Manado.

1-8 of 8